Jumat, 18 Maret 2011

KELELAHAN DAN MENGATASINYA


Semua orang merasa lelah setelah kegiatan fisik atau setelah lama bekerja keras. Tidur malam yang baik biasanya mengatasi masalah ini. Tapi kadang kelelahan berlangsung berhri-hari dan mengganggu kegiatan harian. Penyebab yang sering terjadi adalah akibat kurang tidur, stress, atau jika mengalami kesedihan seperti kematian. Diet yang tak sehat dan tidak berolahraga adalah contributor yang umum. Penyakit akibat virus seperti demam kelenjar dan flu dapat menyebabkan anda lelah berminggu-minggu seteahnya. Kadang kala kelelahan menetap disebabkan kondisi tertentu seperti anemia atau masalah tiroid.
Yang dapat anda lakukan :

Coba ikuti beberapa pendekatan ini untuk mengembalikan energy anda.
  • Bahkan jika anda sangat sibuk, tidurlah yang cukup dimalam hari. Terlalu sibuk dan mencoba membayar hutang tidur di akhir pecan, akan mengganggu rutinitas tidur dan membuat anda semakin lelah.
  • Jangan ketinggalan sarapan termasuk sayuran, buah, sereal, dan roti gandum, pasta juga nasi. Kurangi makanan berlemak seperti keju, telur daging merah , juga garam dan gula yang berlebih.
  • Periksalah apakah nanda kelebihan berat badan atau terlalu kurus. Jika anda perlu mengurangi berat badan lakukanlah dengan bertahap.
  • Olahraga tertaur di udara terbuka khususnya jika anda bekerja di belakang meja
  • Jika anda mengantuk sepanjang hari atau selagi mengendarai kendaraan, coba tidur siang sejenak.
  • Jika anda mengidappenyakit viral seperti demam kelenjar, atau flu,  perlu beberapa minggu untuk puih. Lakukan kegiatan ringan saat kembali bekerja atau sekolah
  • Stress menyebabkan tegang, luangkan waktu untuk relaksasi. Coba teknik nafas dalam dan relaksasi otot.

Saran : segera hubungi dokter jika kelelahannya tetap dan tidur tak membantu serta jika anda sering merasa lelah tanpa alas an apapun.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates