Sabtu, 02 April 2011

Kotoran telinga dan Mengatasinya

Kotoran Telinga
Normalnya, kotoran telinga dihasilkan dalam jumlah kecil untuk melindungi saluran telinga dan dibuang dengan alami. Tapi jika diproduksi terlalau banyak, ini dapat tertumpuk, menjadi keras dan kering, dan menutup saluran telinga anda. Menggunakan cooton bud untuk membersihkan malah dapat menyebabkan kotoran jadi menyumbat. Anda juga mengalami gatal, bunyi (tinnitus). Atau pening. Penumpukan kotoran telinga umum terjadi pada orang lanjut usia dan orang yang mengenakan bantuan pendengaran.

Yang dapat anda lakukan : 

  • Anda jangan membuang kotoran telinga jika menyebabkan masalah. Anda bias membersihkan penumpukan dengan langkah berikut. Jika anda perlu mendapat penanganan dari dokter, langkah ini juga membantu kotoran telinga melembut.
  • Jangan pernah menggunakan cotton bud atau mendorong sesuatu dalam telinga untuk membersihkannya. Ini membuat kotoran telinga terdorong masuk saluran telinga, anda juga dapat merusak lapidan saluran telinga, menyebabkan iritasi dan infeksi atau bahkan merusak gendang telinga
  • Obati telinga anda dengan sesuatu yang membuat kotoran menjadi lembek. Coba gunakan minyak zaitun, minyak almond, atau tetes sadium bicarbonate
  • Jika yang diatas tidak efektif, coba gunakan tetes telinga yang mengandung pelarut kotoran


Saran medis lebih lanjut
Kunjungi ke dokter kembali jika:
  • Tel;inga tetap tertutup setelah mencoba langkah perawatan sendiri
  • Telinga anda sakit atau keluar nanah



Teknik praktis melembutkan kotoran telinga
  • Anda dapat membeli minyak zaitun, minyak almond, atau tetes sodium bicarbonate dari apoteker. Minta pipet jika tak tersedia. Jika kedua telinga yang tertutup, tunggu hingga yang satu bersih sebelum mengobati yang lain, karena ini akan memburuk sementara saat kotorannya lembek.
  • Hangatkan setengah jam minyak zaitun atau almond hingga setara dengan suhu ruangan, atau percepat prosesnya dengan manaruh  botol di air hangat. Anda dapat menggunakan tetes sodium bicarbonate langsung.
  • Berbaring dengan telinga tertutup. Menghadap k eats. Teteskan 3-4 tetes ke saluran telinga. Tunggy hingga 10 menit hingga terserap, kemudian usap sisanya.
  • Ulangi prosesnya selama 3 kali sehari selama 5 hari.


 sumber = Peters, Michael.2007.home doctor

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hanya ingin melengkapi, jika sudah diberi tetes minyak selama 5 hari (minimal 3 hari) maka setelah itu harus dibawa ke dokter THT atau minimal perawat untuk dibersihkan dengan cara mengeluarkan kotoran-kotoran dalam telinga yang telah melembek oleh karena tetes minyak tersebut dengan menggunakan air hangat. Jika tidak dibersihkan maka percuma saja ditetesi minyak sebab tujuan menetesi telinga dengan minyak adalah agar kotoran dalam telinga mudah dikeluarkan.

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates