Senin, 21 November 2011

know your liver

Tahukah kamu, kebiasaan baik untuk berbagi dengan sahabt seperti berbagi perlengkapan makanan (sendok, garpu dan gelas) yang sudah digunakan, saling pinjam pisau cukup dan gunting kuku, dan mungkin meminjamkan sikat gigi saat terpaksa, bias berarti berbagi hepatitis juga dengan sahabatmu.
Hepatitis, kamu pasti pernah mendengar nama penyakit yang satu ini. Kadang-kadang disebut juga dengan penyakit kuning. Kulit dan mata kuning memang salah satu gejalanya. Hepatitis adalah peradangan hati, kebayangan disebabkan oleh infeksi virus.
Ada 5 tipe virus hepatitis yang umum, yakni A,B,C,D dan E. hepatitis A dan E ditularkan melalui feses dan makanan serta minuman yang terkontaminasi. Kedua jenis hepatitis ini pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga relative tidak berbahaya. Sementara itu hepatitis B,C dan D umumnya ditularkan lewat darah dan cairan tubuh lainnya seperti semen (cairan pembawa sperma) dan sangat berbahaya, karena bias mengakibatkan penyakit hati pmenahun termasuk sirosis dagal hati dan kanker hati.
Seperti yang teman sendiri tahu, hati adalah salah satu orga tubuh terbesar dan memiliki segudang fungsi, diantaranya mengubah makanan menjadi energy, emmbersihkan racun dalam tubuh, merombak sel darah merah dan memproduksi enzim yang membantu pencernaan. Dengan fungsi hati sebesar itu, saatnya kamu peduli dengan kesehatan hati. Diopname karena kena hepatitis pada saat musim ujian, dan kuliah atau musim pertandingan olahraga mungkin hanya sebagian kecil akibatnya.
Sekian secarik info mengenai hepatitis secara umum….

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates