Selasa, 28 Desember 2010

hepatitis

Penyakit kuning (hepatitis)
Penyakit kuning dalam dunia kedokteran lebih dikenal dengan hepatitis infeksiosa. Penyakit ini termasuk penyakit menular yang dapat menyebarluaskan diri melalui makanan dan minuman.semua makanan dan minuman yang tersentuh oleh tangan binatang serangga yang bawa bibit penyakit dari tinja dapat menjadi infeksius. Disebabkan oleh virus.
Secara ilmiah hepatitis dibedakan dalam hepatitis tipe A dan B. pada tipe B disebabkan melalui suntikan bebas penderita penyakit hepatitis.
Hepatitis A lebih banyak menyerang individu yang sudah lanjut usianya. Penyakit ini hamper selalu berawal dari nyeri kepala, badan terasa lesu dan lemah, suhu badan meningkat dan tubuh menggigil, mual, kadang muntah, nyeri prut dan tubuh berwarna kuning.
Pencegahan    : dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan agar tinja dan air seni penderita tidak menjadi bahan penularan kepada orang lain. Selalu cuci tangan
Pengobatan     : pengobatan secara khusus belum ada, penderita hanya diharuskan beristirahat pantang makanan yang berkalori tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates